SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

PENGATUR PLN DAN GENSET OTOMATIS

Senin, 27 Juni 2016

Selamat pagi .....
Setelah sekian lama saya menggunakan pengatur PLN dan Genset secara manual atau dengan menggunakan Change Over Switch yang ditambah menggunakan alrm,postingan saya" INSTALASI PLN DENGAN GENSET",ternyata cukup menyita waktu karena harus mematikan Genset disaat PLN sudah kembali menyala.

















Akhirnya saya membuat dengan sistem otomatis.
Banyak sistem rangkaian yang otomatis di internet menggunakan relay MK2P.
Relay seperti ini hanya mempunyai 2 kontak,kontak 1 digunakan mengatur input arus (+) dari PLN dan Genset, jadi input untuk (-) dijadikan satu antara PLN dan Genset,menurut saya ini kurang aman,karena antara PLN dan Genset tidak benar-benar terpisah.
Sedangkan kontak satunya digunakan sebagai switch untuk mematikan Genset secara otomatis.

Pada rangkaian yang saya buat saya menggunakan relay MK3P.
Relay ini mempunya 3 kontak;
Kontak 1 digunakan untuk memindahkan arus (+) PLN dengan Genset.
Kontak 2 digunakan untuk memindahkan arus (-) PLN dengan Genset.
Kontak 3 digunakan sebagai switch untuk mematikan Genset secara otomatis.


Relay MK3P

Setelah saya rakit saatnya melakukan test.
Disaat incoming dari PLN lampu menyala hijau.











                                                                   
Disaat incoming dari Genset lampu menyala kuning.












Installisasi ke Genset agar mati otomatis .













Installisasi rangkaian ke rumah.





















Rangkaian yang dipakai dirumah saya .
Mudah-mudahan bermanfaat,.
Info Module kamera klik DISINI
info lanjut hub:
WhatsApp me 08121369032.


9 komentar:

Bang mi'ing 2 Juli 2016 pukul 20.51  

Sunjaya Njay,:
Weleh Pak Haji,iseng Ji...

Bios 13 Oktober 2016 pukul 19.29  

Abis dana berapa tu mas. Bisa minta manualnya? Terima kasih
nizardi1@gmail.com

Bios 13 Oktober 2016 pukul 19.30  

Abis dana berapa tu mas. Bisa minta manualnya? Terima kasih
nizardi1@gmail.com

bang mi'ing 15 Oktober 2016 pukul 16.40  

Alpian Irama>>kalo tanpa kabel panjang abis 75rb an

Unknown 15 November 2016 pukul 19.29  

Punya saya peke genset yamaha ET-1, Bisakah juga dibikin seperti otomatis seperti ini?

Unknown 17 Desember 2016 pukul 21.36  

itu relay omron vac 220 koil panas ga kalau dipakai 24jam, pln posisi normali open pada saat pln mati..

Bang mi'ing 18 Desember 2016 pukul 15.02  

Indra laksana rahadian,@Sejak posting test ampe sekarang saya pakai ga masalah,yang penting Oronnya Ori Bos

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP